Selasa, 22 November 2016

Hypnobirthing

Hypnobirthing itu apa sih ?

Hypnobirthing berasal dari kata hypnosis dan birthing. Hypnosis yang berasal dari kata hypnos (bahasa Yunani) adalah nama dewa tidur. Tidur maksudnya adalah pikiran yang tenang. Sedangkan birthing (bahasa Inggris) berarti proses persalinan.

Jadi hypnobirthing adalah upaya alami menanamkan niat/sugesti ke pikiran bawah sadar dalam menjalani kehamilan untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan sadar sehingga setiap ibu hamil dapat menikmati indahnya masa kehamilan dan lancarnya proses persalinan.

Metode hypnobirthing ini didasarkan pada keyakinan bahwa setiap perempuan memiliki potensi untuk menjalankan proses melahirkan secara alami, tenang dan nyaman (tanpa rasa sakit).

Metode ini mengajarkan ibu hamil untuk menyatukan gerak dengan ritme tubuhnya saat menjalani proses melahirkan, membiarkan tubuh dan pikirannya untuk bekerja, serta yakin bahwa tubuhnya mampu berfungsi sebagaimana seharusnya sehingga rasa sakit menghilang.

Hypnobirthing dapat menetralisir dan memprogram ulang rekaman negatif dalam pikiran bawah sadar dengan program positif. Hasilnya, rekaman yang tertanam dalam pikiran bawah sadar bahwa proses persalinan yang menakutkan dan menyakitkan itu bisa terhapus dan berganti dengan keyakinan baru bahwa persalinan berlangsung mudah, lancar dan nyaman.
  
Apa Manfaat Hypnobirthing ?

Selama Kehamilan
  • Mengatasi rasa tidak nyaman selama hamil dan rasa sakit saat melahirkan tanpa efek samping terhadap janin
  • Mengurangi mual, muntah, dan pusing pada trimester 1
  • Membantu janin terlepas dari kondisi lilitan tali pusat, bahkan bisa memperbaiki janin yang letaknya sungsang menjadi normal
  • Membuat kondisi ibu hamil menjadi sehat, tenang dan damai selama hamil. Ketenangan dan kedamaian ibu dirasakan juga oleh janin sehingga janin mempunyai nilai kedamaian dalam dirinya.
  • Membantu mempersiapkan kesehatan janin secara fisik, mental dan spiritual.
Menjelang Persalinan
  • Melatih relaksasi untuk mengurangi kecemasan serta ketakutan menjelang persalinan yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri dan sakit saat persalinan.
  • Mampu mengontrol sensasi rasa nyeri pada saat kontraksi rahim
  • Meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri pada saat kontraksi dan persalinan.
 Saat Persalinan
  • Memperlancar proses persalinan
  • Mengurangi risiko terjadinya komplikasi saat persalinan dan perdarahan. Kondisi yang tenang membuat hormon tubuh seimbang
  • Membantu menjaga suplai oksigen pada bayi selama proses persalinan. 
Setelah Persalinan
  • Meningkatkan ikatan batin antara bayi, ibu dan bapak.
  • Mempercepat pemulihan pada masa nifas
  • Memperlancar produksi ASI
  • Mencegah depresi pasca persalinan dan baby blues.
  • Bayi menjadi lebih tenang
Manfaat dan Keuntungan Suami/Pendamping Persalinan :
  • Suami/pendamping persalinan menjadi lebih tenang dalam mendampingi proses persalinan
  • Emosi suami akan menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari-hari
  • Membantu memperbaiki dan memperkuat hubungan dan ikatan batin antar suami istri serta bayi yang dikandung
  • Aura positif dan tenang yang dimiliki oleh suami/pendamping persalinan akan mempengaruhi aura ibu bersalin dan orang-orang disekitarnya
 
Bagaimana hypnobirthing bekerja ?

Pikiran manusia diibaratkan seperti bawang yang berlapis-lapis. Manusia mempunyai dua jenis pikiran yang bekerja secara simultan dan saling mempengaruhi yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar adalah proses mental yang bisa Anda kendalikan dengan sengaja. Pikiran bawah sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya dan sulit untuk dikendalikan secara sengaja.

Pikiran sadar mempunyai empat fungsi utama, yaitu mengenali informasi yang masuk dari panca indra, membandingkan dengan memori, menganalisa kemudian memutuskan respon spesifik terhadap informasi tersebut. Sedangkan pijiran bawah sadar berfungsi memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, kepribadian, intusi, kreativitas dan keyakinan.

Pikiran bawah sadar mempengaruhi seseorang 9 kali lebih kuat dibandingkan pikiran sadar. Itu sebabnya banyak orang yang sulit berubah meskipun secara sadar mereka saat ingin berubah. Jika terjadi pertentangan antara pikiran sadar dan bawah sadar maka pikiran bawah sadar selalu menjadi pemenangnya. Jadi jika Anda ingin mengubah kebiasaan, kepribadian, mengendalikan emosi, menghilangkan trauma, dan keyakinan negatif maka yang harus diubah adalah “rekaman program pikiran” yang ada di pikiran bawah sadar.

Misalnya, seorang perempuan berpikiran bahwa jika hamil muda itu pasti mual dan muntah, maka pada saat dia hamil,  kehamilannya dilalui dengan berat, pada kehamilan muda dia mual dan muntah bahkan bisa sampai hyperemesis walaupun dia mempersiapkan kehamilannya tersebut dengan baik. Hal tersebut terjadi karena alam bawah sadarnya sudah menyimpan rekaman negatif.

 

Garis putus-putus pada gambar di atas mengilustrasikan critical factor. Critical factor adalah bagian dari pikiran yang selalu menganalisis segala informasi yang masuk dan menentukan tindakan rasional seseorang. Critical factor ini melindungi pikiran bawah sadar dari ide, informasi, sugesti atau bentuk pikiran lain yang bisa mengubah program pikiran yang sudah tertanam di bawah sadar.

Ketika seseorang dalam kondisi sadar, critical factor akan menghalangi afirmasi atau sugesti yang ingin kita tanamkan ke pikiran bawah sadar, sehingga sugesti yang diucapkan berpengaruh sangat kecil atau bahkan ditolak oleh critical factor.

Hipnosis mengkondisikan seseorang dalam keadaan relaks sehingga dapat berkomunikasi langsung dengan pikiran bawah sadar dan critical factor terbuka atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Sehingga semua sugesti positif akan diterima oleh pikiran bawah sadar sebagai kebenaran lalu disimpan sebagai program pikiran, yang memicu perubahan yang permanen.

Melalui latihan hypnobirthing, seorang ibu hamil mampu memasuki kondisi relaksasi yang dalam sehingga dia bisa menjaga ketenangan dan kestabilan emosinya. Dengan kondisi emosi yang tenang, nyaman, stabil dan rajin menanamkan afirmasi positif, ibu hamil manpu menetralisir semua rekanam-rekaman negatif di pikiran bawah sadarnya mengenai kehamilan dan persalinan, dan menggantinya dengan program positif.

Kondisi stabil dan seimbang dengan relaksasi yang dalam membuat ibu hamil bertambah peka terhadap janinnya, ibu dapat berkomunikasi bahkan bekerjasama dengan janinnya di saat hamil maupun saat melahirkan.


Semoga bermanfaat

Khalida

Disarikan dari :
1.        Lanny Kuswandi, Keajaiban Hypno-birthing, Pustaka bunda, 2014
2.        Lanny Kuswandi, Hypnobirthing A Gentle Way To Give Birth, Pustaka Bunda, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar