Jumat, 18 November 2016

Berat Badan Normal Ibu Hamil



Pada saat hamil, ibu mengalami penambahan berat badan dikarenakan adanya janin, air ketuban, plasenta, rahim yang bertambah besar, payudara yang memproduksi ASI, peningkatan volume darah dan cairan tubuh serta peningkatan cadangan lemak ibu. Kenaikan berat badan ibu merupakan indikator umum untuk mengetahui status gizi ibu hamil.

Penambahan berat badan ibu hamil yang normal berbeda-beda setiap orangnya, tergantung dari Indeks Massa Tubuh (IMT) sebelum hamil. IMT dihitung berdasarkan Tinggi Badan (TB) dan Berat Badan (BB), dengan rumus sebagai berikut :

IMT =    BB (Kg) / TB x TB (m)

Contoh : Berat badan ibu sebelum hamil adalah 55 kg dan tinggi  badannya 156 cm, maka perhitungan IMT-nya adalah :  55 / 1,56 x 1,56 = 22,6

Berikut ini adalah pedoman penambahan berat badan normal ibu hamil berdasarkan IMT :

IMT
Penambahan BB selama hamil
Rendah < 20
12,5 – 18 Kg
Normal 20 – 26
11, 5 – 16 Kg
Overweight 26 – 29
7 – 11,5 Kg
Obesitas > 29
6 Kg

Sedangkan untuk ibu yang hamil bayi kembar penambahan berat badan normal selama kehamilan berbeda dengan ibu hamil bayi tunggal karena janin yang dikandung ibu lebih banyak maka nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu lebih juga banyak. Pedoman penambahan berat badan normal ibu hamil bayi kembar adalah :

IMT
Penambahan BB selama hamil
Rendah < 20
Konsutasikan dengan dokter kandungan
Normal 20 – 26
16 - 24 Kg
Overweight 26 – 29
14 - 22 Kg
Obesitas > 29
11 - 19 Kg

Jika ibu hamil berusia di bawah 20 tahun, sebaiknya penambahan berat badan selama kehamilan mencapai batas tertinggi berdasarkan IMT sebelum hamil.



Ada cara lain untuk menghitung berat badan normal ibu hamil yaitu berdasarkan usia kehamilan ibu saat ini. Rumus perhitungannya adalah :

BBIH = BBI + (UH x 0,35)

Keterangan :
BBIH  = Berat badan ibu hamil
BBI     = Berat badan ideal yang dihitung berdasarkan :
               TB - 110 jika TB ibu lebih dari 160 cm
               TB - 105 jika TB ibu kurang dari 160 cm
               TB - 100 jika TB ibu kurang dari 150 cm
UH      = Usia kehamilan dalam minggu
0,35     = Kenaikan berat badan normal setiap minggunya

Contoh : Seorang ibu hamil usia 28 minggu memiliki TB 158 cm, maka berat badan normal ibu hamil tersebut adalah  BBIH = (158 – 105) + ( 28 X 0,35) = 62,8
Jadi berat badan ideal ibu hamil tersebut pada usia kehamilan 28 minggu adalah 62,8 Kg.


Penambahan berat badan terjadi pada kehamilan trimester II dan III, sedangkan pada trimester I dikarenakan adanya ketidaknyamanan kehamilan seperti mual dan muntah maka ibu belum mengalami penambahan berat badan yang berarti. Idealnya pada trimester I kenaikan berat badan tidak lebih dari 2 Kg sedangkan pada trimester II dan III kenaikan berat badan normalnya adalah ½ kg setiap minggunya.

Apa dampaknya jika penambahan berat badan tidak sesuai selama kehamilan ?
Berat badan yang tidak sesuai dengan standar akan mempengaruhi kesehatan ibu dan janin selama hamil. Jika ibu terlalu kurus maka yang akan terjadi adalah ibu akan mengalami anemia (kekurangan sel darah merah) akibat dari kurangnya asupan zat besi, dampaknya pada janin adalah janin dapat keguguran, lahir prematur, berat badan janin rendah, gangguan pertumbuhan janin dan cacat bawaan pada janin.

Sedangkan jika ibu mengalami kelebihan berat badan atau obesitas maka kemungkinan besar ibu akan mengalami preeklamsia dan diabetes kehamilan, akibatnya janin akan mengalami gangguan pertumbuhan dan kecerdasan anak berkurang karena suplai oksigen dari plasenta terganggu, gangguan paru dan janin mengalami obesitas.

Bagaimana menjaga  berat badan normal selama hamil ?

  • Memakan makanan dengan menu seimbang dan bervariasi sesuai dengan piramida makanan (lihat pedoman gizi seimbang disini)
  • Perbanyak memakan makanan yang berserat tinggi seperti biji-bijian, sayur dan buah, karena makan berserat tinggi akan membuat ibu merasa kenyang lebih lama
  • Perhatikan jam makan dan porsi makan
  • Makan makanan yang dimasak sendiri karena makanan diluar biasanya tinggi kalori dan lemak serta mengandung MSG.
  • Minum air putih yang banyak (2-2,5 liter per hari)
  • Olah raga yang teratur
  • Tidur di jam tidur ideal karena orang yang tidur larut malam cenderung untuk mengemil lebih banyak

Yuuuk ibu hamil jaga berat badannya agar ideal selama kehamilan agar Anda  dan Janin sehat serta persalinannya lancar.


Semoga Bermanfaat ☺

Khalida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar