Sabtu, 03 Desember 2016

Tips Merawat Sepatu Suede





Bahan suede atau ada yang bilang beludru bersifat sensitif terhadap cairan, noda dan debu sehingga membutuhkan perawatan ekstra agar sepatu teman-teman kembali terlihat seperti baru dan tahan lama. Berikut ini beberapa tips cara merawat sepatu suede agar sepatu awet.

Cara Membersihkan Sepatu Suede : 

  • Singkirkan kotoran pada permukaan sepatu menggunakan sikat sepatu suede. Sikat sepatu searah dengan serat bahan suede, ingat jangan menyikat sepatu bolak balik karena kotoran akan sulit hilang dan bulu suede akan cepat gundul. Jika tidak ada sikat khusus suede bisa menggunakan sikat gigi yang lembut. Bersihkan sepatu dalam keadaan kering karena suede sangat sensitif terhadap air
  • Pada bagian sepatu yang agak kasar, sikatlah dengan gerakan maju-mundur untuk menghilangkan serat-serat yang lepas. 
  • Jika noda membandel, maka perlu ditangani dengan bantuan air, namun jangan hanya membersihkan bagian yang bernoda saja. Bersihkan seluruh permukaan sepatu  menggunakan sikat yang agak basah jika terjadi perubahan warna tidak akan terlalu terlihat. Agar bentuk sepatu tidak berubah saat dibersihkan, masukkan pengganjal sepatu atau gumpalan kertas ke dalam sepatu lalu biarkan sepatu hingga kering secara alami. Jangan gunakan koran bekas karena tintanya dapat luntur mengenai sepatu. 
  • Jika sepatu terkena noda yang mengandung garam seperti noda makanan atau minuman, sebaiknya sepatu dibersihkan dengan cuka. Bubuhkan cuka secukupnya lalu gosok dengan haduk atau lap lembut. Biarkan kering lalu sikat dengan sikat suede. 
  • Jika sepatu terkena noda minyak, tentu akan sulit dihilangkan dan membuat sepatu tidak menarik lagi. Maka, cara membersihkan noda minyak adalah dengan mengoleskan tipis tepung maizena pada bagian yang bernoda saat noda tersebut masih basah lalu diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Tepung maizena akan menyerap noda dan mengangkatnya keluar dari bahan suede. Singkirkan sisa-sisa tepung memakai sikat khusus bahan suede.
  • Jika sepatu terkena lumpur karena adanya genangan air, sebaiknya tunggu sepatu sampai kering terlebih dahulu. Setelah lumpur mengering, cungkil bongkahan lumpur dengan jari, lalu bersihkan sisa kotoran menggunakan sikat. 
  • Apabila sepatu terkena permen karet atau lilin, masukkan sepatu ke dalam freezer terlebih dahulu selama beberapa jam. Permen karet / lilin akan mengeras sehingga kita mudah untuk melepasnya. Setelah itu, sikat sepatu menggunakan sikat khusus suede. Jika sepatu terkena noda darah, usapkan bola kapas yang telah dicelup dengan peroksida  pada noda dengan lembut sampai noda darah tersebut benar-benar lenyap.
  • Apabila sepatu Suede Anda terkena noda tinta, segera ambil handuk dan serap noda dengan cepat sebelum noda tinta tersebut benar-benar menempel. Apabila terlanjur menempel, bersihkan noda dengan bola kapas yang dicelup ke alkohol lalu gosokkan pada noda tinta tersebut.
  • Ketika sepatu Suede tergores, maka bulu-bulu suede akan tertekan dalam satu arah. Angkat kembali bulu-bulu suede dengan menggosok bagian yang tergores sedikit keras secara bolak-balik. Untuk goresan yang warnanya pudar dan susah disikat, cobalah mencungkil bagian itu menggunakan pisau untuk mengangkat bulu-bulu halusnya, tetapi tetap harus hati-hati jangan sampai merusaknya.
  • Jika goresan dan noda yang tidak bisa disikat (noda membandel) seringkali dapat dihilangkan dengan cara digosok menggunakan penghapus pensil atau penghapus khusus suede

  


Cara Menjaga Sepatu Suede Agar Tetap Awet :

  • Gunakan produk pelindung suede yang berfungsi sebagai tabir pelindung dari kotoran dan noda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan atau semprotkan produk ini langsung pada barang-barang berbahan suede yang baru dibeli dan setiap kali setelah barang-barang tersebut dibersihkan. Walau membantu mengurangi kotoran yang menempel pada bahan suede, produk ini tidak mencegah penumpukan kotoran pada permukaan suede.
  • Jangan memcuci sepatu dengan detergen karena detergen akan merubah warna dan kualitas suede.
  • Jaga agar selalu kering, bahan suede sebaiknya tidak dikenakan pada saat hujan karena jika sepatu dibiarkan basah akan menimbulkan bau tak sedap, warna suede akan berubah dan sepatu akan berjamur. Jika sepatu terlanjur basah, gunakan kain lembut yang kering untuk mengeringkannya, lalu angin-anginkan sepatu hingga kering.
  • Simpan sepatu di tempat kering dan sejuk, jangan terkena matahari langsung karena akan menyebabkan warna suede pudar dan kusam
  • Jika tidak dipakai dalam jangka waktu lama, simpan sepatu ke dalam kotaknya kembali atau dibungkus plastik agar tidak terkena debu. Taruh sillica gell atau kamper pada kotak sepatu atau plastik pembungkus.

Rawat baik-baik sepatu suedenya ya teman-teman agar sepatunya awet dan selalu seperti baru.


Semoga Bermanfaat ☺



Khalida

Sumber :
http://luvizhea.com/cara-merawat-dan-membersihkan-sepatu-suede/
http://www.fashionbeans.com/2012/footwear-care-protecting-cleaning-suede-shoes/
https://www.cleanipedia.com/id/bahan-material-permukaan/cara-membersihkan-sepatu-suede
Sumber gambar : www.instagram.com/klia_shop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar